Fish Diet – Healthy Life Style


Anda tahu ikan merupakan sumber protein tanpa lemak dan bernutrisi. Namun, penelitian terbaru menemukan alasan lebih menakjubkan lain tentang ikan.  Ikan adalah makanan yang rendah kalori, berprotein tinggi yang baik untuk otak. Semua manfaat tersebut berasal dari asam omega 3 lemak tak jenuh ganda, populer disebut sebagai omega 3, yang banyak terdapat dalam minyak ikan.

Tubuh manusia tidak bisa secara alami menghasilkan omega 3. Meski demikian nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh agar sehat. Hubungan antara omega 3 dan kesehatan jantung sudah sejak lama kita tahu. Namun, beberapa penelitian baru menunjukkan cukup bukti, bahwa ikan yang tinggi asam lemak sangat penting untuk kesehatan tubuh secara umum.


Kabar baiknya, jika Anda bukan penggemar ikan, penelitian mengatakan, makan ikan hanya dua atau tiga kali dalam satu minggu cukup untuk dapat menuai keuntungannya. Salmon, salah satu ikan pendonor omega 3 tertinggi, dengan berat empat ons mengandung sekitar 1,5 gram asam lemak.

Ikan lainnya seperti tuna, sarden, dan halibut juga mengandung kadar omega 3 yang tinggi. Jika Anda seorang vegetarian yang tidak makan produk hewani, Anda bisa mendapatkan jumlah harian asam lemak omega 3 yang disarankan melalui omega-3 DHA atau suplemen minyak ikan.

Meski demikian, dokter tetap menyarankan untuk mendapatkan manfaat sehat ikan dengan mengonsumsi makanan yang nyata. Berikut ini adalah tujuh alasan kenapa Anda sebaiknya menambah dosis ikan pada menu makan Anda, seperti dilansir dari laman Natural Health:

  1. Mencegah penyakit jantung
  2. Mengurangi risiko Alzheimer
  3. Memperbaiki kesehatan kulit dan rambut
  4. Menghilangkan depresi
  5. Meningkatkan perkembangan otak